Internet dan Sejarah Perkembangan di Dunia dan di Indonesia

1. Definisi Internet

Di era sekarang, internet merupakan salah satu yang menjadi kebutuhan yang pokok bagi manusia khususnya bagi mereka yang menekuni bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi. Internet adalah salah satu bagian dari sistem jaringan komputer yang menghubungkan seluruh pengguna komputer di dunia.

Internet (Internetworking) didefinisikan sebagai jaringan komputer yang besar di dunia yang menghubungkan seluruh jaringan komputer yang ada (Intranet, WAN, MAN, PAN dan lain-lain) meliputi seluruh komputer, perangkat yang terhubung (Smartphone, Tablet, Switch, Router, Hub dan perangkat penghubung lainnya), dan pengguna komputer (Brainware) ke dalam suatu wadah sistem jaringan komputer di dunia.


2. Sejarah Internet di Dunia

Berawal dari riset yang dibuat oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat (DOD/Departement Of Defense) sejarah internet di dunia. Proyek ini dinamakan ARPA (Advanced Research Project Agency) dan terbentuk suatu sistem jaringan komputer yang diistilahkan dengan ARPANET (kata net yang berarti network, mengacu pada jaringan komputer).Berbeda dengan Internet sekarang, sistem jaringan komputer masih bersifat private hanya untuk kalangan tertentu saja, seperti institusi militer dan beberapa kalangan akademisi dan universitas.

 

 Gambar Rute sejarah internet di dunia dimulai dari ARPANET

 (sumber : https://portswigger.net/daily-swig/arpanet-anniversary-the-internets-first-transmission-was-sent-50-years-ago-today) 


ARPANET lalu dipecah menjadi MILNET (khusus militer) dan ARPANET (untuk perguruan tinggi). Hal tersebut memberikan banyak manfaat dan kemudahan bagi pengguna komputer di zamannya. Kemudian MILNET dan ARPANET disatukan kembali menjadi DARPANET (kemudian diistilahkan menjadi internet) berdasarkan perkembangan zaman yang pesat.


 Gambar ARPANET dan MILNET

(sumber : https://www.alamy.com/arpanet-milnt-diagram-1984-image215303160.html)


Pada tahun 1980, ARPANET berkembang pesat menjadi sebuah sistem jaringan internet dunia. Semakin banyak perangkat penghubung yang terhubung di dalamnya, maka dari itu dalam pengalamatan komputer (berupa IP Address) perlu diperhatikan. Untuk mempermudah dalam pemetaan, diperlukan pembagian domain, pengalamatan IP Address, pembagian kelas setiap IP Address serta menggunakan DNS (Domain Name System) untuk penggunaan domain. 

 

 Gambar Perkembangan ARPANET tahun 1983

(sumber : http://metrocosm.com/internet-fragmentation-forces/)


Terdapat beberapa penemuan di bidang komputer. Perangkat keras (Hardware) maupun perangkat lunak (Software) turut mendukung terhadap perkembangan internet dari waktu ke waktu.


3. Sejarah Internet di Indonesia

Perkembangan internet di Indonesia dimulai pada tahun 1990. Namun sebelum tahun 1990, bidang ilmu Elektro dan Informatika telah memasuki dunia pendidikan melalui perguruan-perguruan tinggi di Indonesia,salah satunya yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB). Kedua bidang ilmu tersebut merupakan dua komponen utama yang mengubah peran sistem komputer dan jaringan komputer di masa yang akan datang. Beberapa tokoh akademisi ikut turut berperan di dalam dunia internet baik di Indonesia maupun di dunia seperti Onno Widodo Purbo atau yang akrab dipanggil Onno W Purbo salah satunya.

Pada saat akses internet mulai masuk ke Indonesia (walaupun masih tidak terlalu banyak pengguna internetnya) dampak dirasakan di bidang bisnis relatif signifikan. Hal tersebut dibuktikan dengan bermunculannya ISP (Internet Service Provider) yang memberikan layanan akses internet di beberapa tempat di Indonesia, sehingga dapat memudahkan masyarakat Indonesia dalam menggunakan akses internet.

Selanjutnya diiringi dengan banyaknya masyarakat yang membuka warung internet (warnet). Warung internet sebuah tempat yang di dalamnya terdapat sejumlah komputer dan koneksi internet. Pengguna cukup datang masuk ke bilik warnet dan menikmati akses internet sesuai kebutuhan. Setelah itu pengguna akan dikenai biaya sesuai yang ditampilkan sistem (Billing) di akhir penggunaannya.

Warung internet atau warnet saat ini keberadaannya mulai menurun dikarenakan mulai berkembangnya akses internet dalam bentuk ADSL melalui jalur kabel telepon (contohnya seperti Telkom Speedy) maupun akses internet melalui wireless yang menggunakan modem USB oleh beberapa provider komunikasi. Kemudian diikuti dengan ide yang dipelopori oleh Onno W Purbo tentang RT RW Net yang dapat memudahkan lingkungan RT RW di Indonesia untuk mengakses internet. Maka dari itu, akses internet menjadi sebuah kebutuhan masyarakat Indonesia diberbagai bidang termasuk untuk hiburan dan bisnis. Dapat disimpulkan bahwa akses internet digunakan oleh pengguna diberbagai bidang di Indonesia seperti komunitas, akademisi, pemerinta,bisnis hinggga keperluan pribadi.

Indonesia memiliki sebuah satelit buatan yang bernama Satelit Palapa. Satelit tersebut ikut berperan dalam penyebar luasan jaringan internet di seluruh wilayah Indonesia. Akses internet melalui teknologi wireless pun semakin meningkat dari waktu ke waktu. Akan tetapi akses internet di Indonesia masih tertinggal oleh negara-negara maju yang memiliki akses internet yang lebih cepat. Namun demikiah, tokoh-tokoh di Indonesia berjasa besar dalam penyedian layanan internet di Indonesia, seperti  layanan VOIP (Voice Over Internet Protocol), DNS Nawala untuk Internet Sehat, dan lain-lain.

Sumber :

Eka Pratama, I.P.A. (2015) : Handbook Jaringan Komputer. Bandung: Penerbit Informatika    


Komentar