Sifat-Sifat Dasar Jaringan Komputer


Gambar Bagan Sifat-Sifat Jaringan Komputer
(sumber : https://diajarjaringan.blogspot.com/2017/03/Sifat-dasar-jaringan-komputer.html)

Jaringan komputer memiliki empat sifat dasar utama. Keempat sifat dasar tersebut meliputi Scalability, Resource Sharing, Connectivity, Reliability. Pembahasan tentang keempat sifat dasar tersebut akan dijelaskan di bawah ini:

1. Scalability

Gambar Ilustrasi Scalability in Networking
(sumber : https://centretechnologies.com/scalability-101-scale-storage-network/)

Scalability memiliki makna yaitu dapat diskalakan. Maksud diskalakan adalah jaringan komputer dapat diukur dan disesuaikan kebutuhan pengguna jaringan. Jaringan komputer dapat dikembangkan lebih besar dan juga dapat diperkecil. Hal tersebut tentunya sesuai dengan kebutuhan pengguna jaringan komputer.

Batasan-batasan geografis atau lokasi dapat dihilangkan oleh jaringan komputer. Itu berarti dua pengguna (atau lebih) jaringan komputer dapat berinteraksi secara online tanpa terkendala jarak yang jauh (seperti pulau, negara, benua). Dengan adanya jaringan komputer, hal tersebut memudahkan kita dalam berkomunikasi dengan siapapun di seluruh dunia.

2. Resource Sharing

Gambar Ilustrasi Resource Sharing in Networking
(sumber : http://www.lisbdnet.com/resource-sharing-modern-library/)

Resource sharing artinya yaitu berbagi sumber daya. Hal tersebut maksudnya bahwa jaringan komputer dapat saling berbagi dan menggunan sumber daya yang ada secara bersama-sama. Sumber daya tersebut meliputi perangkat keras (Hardware) dan perangkat lunak (Software).

Jika pengguna komputer dalam satu ruangan ingin mencetak dokumen-dokumen, ruangan tersebut cukup menyediakan satu printer saja kemudian dibagikan (sharing) ke dalam jaringan lokal (Local Area Network/LAN). Hal tersebut tentunya akan menghemat biaya.

3. Connectivity


Gambar Ilustrasi Connectivity in Networking
(sumber : https://www.qualcomm.com/news/onq/2017/02/08/leading-connectivity-revolution-distributed-networks)

Connectivity berarti mudah terhubung dan dihubungkan. Hal itu bermaksud bahwa jaringan komputer bersifat mudah untuk dihubungkan ke seluruh pengguna (komputer dan perangkat) dan pengguna komputer itu sendiri juga mudah dihubungkan ke dalam jaringan komputer yang ada.

Perangkat-perangkat yang dimaksud yaitu berupa Switch, Router, Modem, Hub, perangkat wireless, Smartphone, dan lain sebagainya. Oleh karena sifat Connectivity, maka jaringan komputer dapat dibangun dengan waktu singkat.

4. Reliability


Gambar Ilustrasi Reliability in Networking
(sumber : https://sites.google.com/site/integrationcollaborationlab/network-reliability)

Reliability berarti keandalan,maksudnya adalah jaringan komputer memiliki sifat dapat diandalkan. Keandalan yang dimaksud bahwa paket data yang dikirim oleh pengirim (sender) dapat diterima dengan baik oleh penerima (receiver). Semakin baik tingkat keandalannya, maka akan semakin baik kualitas layanannya.

Pada saat proses pengiriman data oleh pengirim (sender), paket data yang diterima oleh penerima (receiver) tidak akan rusak maupun hilang. Hal tersebut disebabkan karena adanya proses pengecekan paket data yang ditransmisikan oleh protokol-protokol dalam jaringan komputer.

Sumber:
Eka Pratama, I.P.A. (2015) : Handbook Jaringan Komputer. Bandung: Penerbit Informatika



Komentar